Minggu, 09 Oktober 2016

Bitrate pada Audio dan Video

Apa itu Bitrate?

Bitrate adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan jumlah data yang diolah dalam jumlah waktu tertentu. Tergantung dari konteksnya, pengukuran umum dari bitrate biasanya menggunakan istilah kilobyte per second (kbps) dan Megabyte per second (Mbps). Apapun unit yang tengah diukur, semakin tinggi angka bitrate ini, biasanya menggambarkan kualitas file yang tinggi atau semakin cepat.
Tapi penting bagi kamu untuk tahu bahwa angka yang lebih rendah berarti makin minim beban untuk hardware kamu, sehingga file semacam ini efektif untuk smartphone atau tablet. Gambaran real-nya, mungkin smartphone kamu tidak bisa memutar video dengan format mp4 dengan bitrate di atas 360 tanpa bantuan software tertentu – nah inilah gunanya file dengan bitrate lebih kecil.

Bitrate pada Audio dan Video

Dalam konteks audio dan video, bitrate memiliki definisi yang sedikit berbeda. Bitrate disini mengacu pada jumlah data yang disimpan tiap detik media yang dimainkan. Misalnya, seperti yang sudah PG singgung di atas, MP3 dengan ukuran 320 Kbps tentu saja lebih jernih suaranya dibanding yang 128 Kbps, meskipun mungkin kamu melakukan converting dari sumber yang sama.
Hal yang sama berlaku untuk video. Bitrate yang lebih tinggi berarti kualitas yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan video ber-resolusi sama. Karena bitrate yang lebih tinggi berarti pemrosesan data yang lebih cepat dalam jangka waktu yang sama, serta ukuran data lebih besar.
Tapi ada sedikit keunikan pada format video ini. Beberapa format video tertentu, seperti mkv, memungkinkan ukuran data yang lebih kecil, tapi bitrate yang lebih tinggi. Keunikan ini diakibatkan algoritma pengolahan yang berbeda dengan format file video lainnya.

Contoh :
320Kbps
128Kbps

Sumber:
http://www.pusatgratis.com/info/apa-sih-yang-dimaksud-dengan-bitrate-itu.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar